Mengenai Saya

Foto saya
^_^ aqu seperti api di atas sebuah lilin" yang menyala, tertiup angin dya bergoyang bahkan ham pir padam. qu mohon jaga aq agar aq tetap menyala & mencintaimu & jangan biarkan aq bergoyang dan padam ^_^.

Senin, 14 Februari 2011

Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan Pendidikan Pancasila, yaitu :

1. Landasan Historis

a. Bangsa Indonesia terbentuk dari kerajaan kutai, sriwijaya, majapahit sampai sekarang dating penjajahan, bangsa Indonesia berjuang untuk merdeka atau menemukan jati dirinya lalu dirumuskan dalam bentuk sederhana dan mendalam pancasila (5 prinsip dasar)

b. Secara historis nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia secara objektif telah dimiliki oleh bagsa Indonesia sendiri, dengan kata lain benga Indonesia sebagai kausa materialis, faktanya kehidupan bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai Pancasila.

2. Landasan Kultural

a. Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidup dalam masyrakat, bangsa dan Negara pada asas cultural yang dimiliki dan melekat pada bagsa itu sendiri.
b. Nilai-nilai dalam sila Pancasila bukan hanya hasil konseptual tetapi hasil karya besar bangsa Indonesia yang diangkat dari nilai-nilai cultural bangsa.

3. Landasan Filosofis

a. Pancasila sebagai dasar filsafat Negara dan pendangan filosofis bangsa Indonesia.
b. Konsisten merealisasikan pancasila dalam setiap aspek kehidupan berbagsa dan bernegara.
c. Berdasarkan filosofis bahwa bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara berdasarkan pada nilai yang tertuang dalam sila-sila Pancasila.
d. Pancasila merupakan sumber nilai dalam pelaksanaan kemegaraan, baik dalam pembangunan nasional, ekonomi, politik, hokum, social budaya, maupun pertahanan dan keamanan.

4. Landasan Yuridis

a. Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional. Pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa system pendidikan Nsional berdasarkan Pacasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar