Mengenai Saya

Foto saya
^_^ aqu seperti api di atas sebuah lilin" yang menyala, tertiup angin dya bergoyang bahkan ham pir padam. qu mohon jaga aq agar aq tetap menyala & mencintaimu & jangan biarkan aq bergoyang dan padam ^_^.

Jumat, 28 Mei 2010

Musik Ansambel

Anasambel berasal dari kata ensemble yang berarti bersama-sama. Dengan kata bersama-sama ,maka musik ansambel dapat dimaknai sebagai sebuah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik.

Jenis-jenis alat musik :
1) alat-alat musik tradisional contohnya : cengceng, rebab, kecapi, siter, kendang, kenong, kempul, gong, saron, bonang, (jawa dan bali ), kolintang ( sulawesi ), dan totobuang ( maluku ).
2) alat-alat musik modern contohnya : terompet, clarient, oboe, horn, tuba, cello, xylophone, viola, gitar, dan piano.

Menurut sumber bunyinya, alat musik terbagi menjadi empat yaitu :
1) alat musik berdawai baik dipetik maupun digesek
2) alat musik yiup baik kayu maupun logam
3) alat musik bertuts
4) alat musik perkusi

Menurut fungsinya dalam pergelaran, alt musik terbagi menjadi 2 yaitu :
1) alat musik melodis
2) alat musik ritmis

Minggu, 23 Mei 2010

Olahraga Permaian Bola Basket

CARA MEMAINKAN BOLA :

1. dalam permainan bola basket, bola dimainakan dengan dua tangan
2. mengontrol bola dengan berbagai cara yaitu melempar, menagkap, memantulkan, dan menggiring bola
3. apabila bola ditendang atau ditinju dengan sengaja, maka disebut dengan pelnaggaran
4. menyentuh bola dengan kaki tanpa sengaja bukan merupakan pelanggaran

CARA PENILAIAN :

1. perolehan angaka pada saat bola hidup masuk keranjang dari atas
2. gol terjadi dilapangan diberi nilai untuk regunya yang sedang melakukan serangan kejaring sebagai berikut :
a. gol dari lemparan bebas dihitung 1 angka
b. gol dari lapangan dihitung 2 angaka
c. gol yang dibuat dari daerah 3 angka dihitung 3 angka
3. angaka dapat diperoleh sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan

PERWASITAN DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

1) Pertandingan bola basket dipimpin oleh dua orang wasit yang mempunyai tugas sebagai berikut :
a. memimpin jalannya pertandingan
b. melaksanakan bola loncat pada setiap permulaan babak
c. memeriksa dan mengesahkan semua perlengkapan alat pertandinagn
d. menetapkan jam permainan yang resmi
e. melarang pemain menggunakan alat-alat yang membahayakan
f. mengesahkan atau tidak mengesahkan gol
g. berhak menghentikan pertandingan setiap saat

2) Pedoman dalam mewasiti
a. setiap terjadi pelanggran, wasit meniup peluit sambil mengangkat tangan dan telapak tangan terbuka
b. bila terjadi lemparab dalam, wasit yang terdekat harus mengancungkan tangan keatas dengan telapak tangan terbuka
c. wasit harus selalu mengigat kedudukan dan posisinya sebagai wasit pemandu dan wasit penyerta
d. wasit harus selau bergerak untuk memperoleh tempat dalam mengamati bola dengan tepat dan memelihara konsentrasi

Olahraga Permaian BOla Basket 3

TEKHNIK BERMAIN DAM BERMAIN CABANGOLAHRAGA PERMAINAN

a) Peraturan permainan boal basket
Fasilitas dan perlengkapan permainan bola basket

1) Lapangan
a. panjang 28 m, lebar 15 m
b. garis lingkaran tengah 3,6 m
c. garis lengkung 6,25 m
2) Bola
terbuat dari karet yang berlapis kulit dengan keliling antara 75-78 cm berat 600 - 650 gram.
3) Papan pantul dan keranjang
a) papan pantul dari kayu setebal 3 cm, panjang 180 cm, dan tebal 120 cm serta tinggi papan 275 cm
b) keranjang terdiri dari atas ring dan jala dengan garis tengah 45 cm, panjang jala 40 cm

b) Bermain bola basket dengan peraturan yang sebenarnya

1. Awal permainan
a. pertandinagn dimulai jika kedua regu sudah siap di tengah lapangan
b. pertandingan resmi dimulai saat wasit membawa bola ketengah dan melemparkan bola loncat
c. pertandingan dimulai dengan bola loncat dilingkran tengah

2. Kedududukan bola
a. Bola berad dalam permaainan pada saat :
1) bola dilepaskan dari tangan wasit
2) pada saat lemparan bebas, wasit memberikan bola kepada pemain yang akan melaksanakan lemparan bebas
3) pada saat throw in dari luar garis bebas bola berada ditangan pemain yang akan melaksanakan throw in.
b. Bola menjadi mati apabila :
1) terjadi gol atau lemparan bebas yang sah
2)wasit meniup peluit ketika bola dalam permainan
3) secara jelas bahwa bola tidak akan masuk ke jaring pada saat melakukan tembakan bebas.

Olahraga Permainan Bola Basket 2

STRATEGI DASR PERTAHANAN PERMAINAN BOLA BASKET

a) Sikap jaga ( defence )
Sikap dimana posisi badan sedikit condong kedepan, dengan menekuk kedua lutut. tangan direntangkan untuk menangani oeran dan pandangan terhadap lawan.

b) Olah kaki ( foot work )
berguna untuk memenagkan langkah, dengan cara bergerak mendekat, bergeser dan langkah mundur, tanpa ada langkah silang

c) Pertahanan daerah ( zone defence )
pertahanan daerah , dimana para pemain harus menjaga daerahnya sendiri dan mengawasi daerah pertahanan.

d) pertahan satu lawan satu ( man to man defence )
sistem petahanan satu pemain menjaga ketat satu pemain lawan

e) pertahanan kombinasi ( screen swith defence )
kombinasi antara pertahan daerah dengan pertahan perorangan untuk menghadapi lawan

STRATEGI DASR PENYERANGAN BOLA BASKET

a) penyerangan bebas ( set offence )
penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dan penguasaan tekhnik, kemampuan tektik dan kesempurnaan fisik tiap anggota regu yang sangat tinggi

b) Penyerangan ( fast break )
penyerangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sbelum l;awan membuat pertahanan.

c) Penyerangan kilat berpola
penyerangan yang dilakukan pada waktu adanya situasi-situasi tertentu.

d) Penyerangan berpola ( shuffle )
penyerangan dengan mengatur tiap-tiap pemain regu memepunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan.

e) Penyerangan ganda ( double pivot offence )
penyerangan dengan menempatkan dua pemain masing-masing berada disudut daerah pertahanan lawan.

f) penyerangan bergelombang ( give and go wave )
penyerangan yang bergelombang datang dan pergi, terus bergerk sambil mengoper bola sampai memebuat nilai.

Dasar-dasar pokok membuat pola penyerangan antara lain :
1. ada sesorang pengatur serangan
2. ada sesorang pengaman
3. ada sesorang atau beberapa orang penembak
4. ada sesorang perebut bola
5. ada pengumapan

Olahraga Permainan Bola Basket 1

KETERAMPILAN GERAK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET

Gerak dasar dalam bola basket dapat dibedakan menjadi beberapa tekhnik yaitu :
a) Passing ( operan ) dengan dua tangan
1. operan tolakan dada ( the two hamled chest pass )
2. operan atas kepala ( tehe over head pass )
3. operan pantulan ( the bounce pass )
4. operan ayunan bawahan ( the under hand past )

b) Passing dengan satu tangan
1. operan samping ( the side arm pass )
2. operan lambung ( the lobb pass )
3. operan kaitan ( tehe hook pass )
4. operan lompat ( the jumpt pass )

c) Dribbling ( menggiring bola )
1. menggiring bola rendah
2. menggring bola tinggi

LATIHAN KETERAMPILAN GERAK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET

a) Melempar dan menagkap bola ( passing )
cara melakukannya :
1. memegang bola dengan kedua tangan dengan jari-jari terbuka
2. siku ditekuk dan diletakkan disamping badan
3. kaki dapat sejajar atau sikap kuda-kuda
4. operan dimulai dengan sedikit menarik bola kearah teman, dan menolakkan bola lurus ke atas melambung atau pantulan
5. lutut sedikit detekuk, badan sedikit condong kedepan

kesalahan-kesalahan umum :
1. sikap kaki/kurang relaks
2. memegang bola terlalu kebelakang / kedepan
3. pergelangan tangan melecut

b) Lemparan samping ( side pass )
cara melakukannya :
1. memegang bola dengan satu tangan, bola terletak dibelakang kepala
2. badan lebih condong kebelakang
3. ayunkan tangan, lempar bola kedepan dan akhiri dengan lecutan pergelangan tangan
4. bola diarahkan kepada penerima dengan cepat.

kesalahan-kesalahan umum :
1. pada saat bola lepas, lengan tidak sejajar dengan lantai
2. letak kai dapat tidak mengarah pada penerima
3. tidak ada lecutan pergelangan tangan

c) Menggiring bola ( dribbling )
cara melakukannya :
1. sikap kai kuda-kuda, lutut sedikit ditekuk
2. badan sedikit condong kedepan
3. gerakkan tangan keatas dan kebawah dengan sumber gerak siku
4. bola bergerak ke atas, telapak tangan memantulkan bola dengan cara mengikuti bola keatas
5. mata selalu melihat kedepan atau kepada lawan

kesalahn-kesalahan umum :
1. otot-otot tegang
2. sendi gerakkan tidak pada siku
3. bola ditepuk
4. pantulan terlalu tinggi

Sabtu, 22 Mei 2010

Mengapresiasikan Karya Seni Tari

Jenis karya seni tari nusantara ada dua bagian yaitu tari lepas dan drama tari. Tari lepas adalah tari-tarian yang mempertunjukkan suatu peristiwa yang berlatar belakang cerita. Sedangkan drama tari adalah suatu pertunjukkan yang mementaskan cerita dan diungkapkan melaui media tari dan dialog.

Contoh tari nusantara : tari saudati, tari kipas, tari jegog, dan tari latimasa.

Apresiasi adalah salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan rasa ingin memiliki rasa mencintai dan menghayati karya seni.

Manfaat mengoleksi karya sebi yitu :
a. menumbuhkan rasa cinta terhadap karya seni
b. memberikan motivasi dan rangsangan berkreasi
c. memperluas cara pandang terhadap karya seni

Bentuk-bentuk penyajian tari yaitu :
a. Tari tunggal adalah penyajian tari yang ditarikan oleh sesorang penari. contoh : tari pendet, tari gunung sari, dan tari panji semirang.

b. tari rakyat adalah bentuk penyajian yang ditarikan oleh dua orang penari. contohnya : tari payung, tari piring, tari saman, tari tayub, tari retno tinanding.

c. tari massal / kelompok adalah bentuk penyajian yang ditarikan lebih dari dua orang penari. contoh : wayang orang, ludrug, tari klasik, sendrati, drama tari, tari kiprah gglipang dan tari lenso.

Jenis tari ada 4 yaitu : tari tradisional, tari rakyat, tari klasik, tari modern

Tujuan apresiasi antara lain :
1. mencintai lingkungan budaya
2. memotivasi untuk berkarya
3. menghargai lingkungan

Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Musik

PENGERTIAN ARANSEMEN

Aransemen adalah adaptasi suatu karya musik kedalam bentuk instrumen dan gaya selain daripada gaya aslinya. kegiatan aransemen meliputi transkripsi, orkensentrasi, dan pengembangan harmoni tanpa mengubah jiwa lagu yang sesungguhnya.

LANGKAH_LANGKAH PEMBUATAN ARANSEMEN SEBUAH LAGU

Langkah-langkahnya terdiri dari :
1. memilih lagu
2. menentukan instrumen yang digunakan
3. mencari akor yang cocok untuk lagu sekaligus pola iringannya
4. membuat pola iringan untuk alat ritmis dan
5. membuat susunan aransemen

KEGIATAN PANITIA DALAM PEMENTASAN

1. menentukkan tema dan tujuan
2. menyusun acara
3. menentukkan tempat
4. menentukkan jenis karya yang akan ditampilkan

Menyajikan lagu dapat dilakukan secara perseorangan atau kelompok, menyajikan suatu lagu secara perorangan disebut menyanyi solo 9 tunggal ) sedangkan menyanyi kelompok disebut paduan suara.

Paduan suara hendaknya mewujudkan hal-hal sebagai berikut :

1. satu ekspresi
2. satu warna nada
3. keseimbangan antar suara
4. kekompakkan
5. memadukkan berbagai jenis suara ( timboe ).

PENGERTIAN CONDUKTOR

Conduktor atau dirigen adalah pemimpin musik yang memulai lagu dengan pola-pola gerakan tangan, gerakan tubuh, dan ekspresi wajah sehinnga dapat mengungkapkan jiwa lagu.

Apresiasi Karya Seni Musik

BEBERAPA LAGU YANG ADA DI NUSANTARA

Beragam lagu yang ada di nusantara antara lain :
1. Lagu daerah
2. Lagu wajib
3. Lagu anak-anak
4. Lagu populer
5. Lagu seriosa
6. Lagu keroncong

FUNGSI SOSIAL LAGU ETNIK NUSANTARA

Fungsi lagu etnik nusantara ini terdiri dari antara lain :
1. Hiburan
2. Upoacar-upacara adat
3. Upacara penyambutan dan kehormatan
4. Upacar mulai tanam padi
5. Syair agama dan kebaikan
6. Melestarikan budaya dan bahasa daerah
7. Teladan dan petuah orang tua

CIRI-CIRI MUSIK

Ciri-ciri musik berdasarkan instrumen yang digunakan :
1. Musik tradisional
adalah alat musik yang menggunakan peralatan tradisional seperti : gamelan, kolintang, angklung, dan orkes melayu.

2. Musik keroncong
adalah alat musik yang menggunakan peralatan seperti : gitar bas, cello, biola, flute dan ukulele.

3. Musik campur sari
adalah alat musik yang menggunakan instrumen pada musik keroncong ditambah kendang, ketipung, saron, dan keyboard.

4. Musik dangdut
adalah alat musik yang digunakan yaitu : gitar bas, mandolin, seruling, ketipung dan tamborin.

5. Musik qasidah
adalah alat musik yang menggunakan peralatan : rebana, tambur, biola, dan gitar bas.

6. Musik band
adalah alata musik yang diguanakan yaitu : gitar melodi, dgitar prngiring, bass gitar, drum set, keyboard dsb

Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa

PENGERTIAN BENDA PAKAI :

Benda pakai adalah segala macam bentuk benda yanb berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

PENGERTIAN BENDA HIAS :

Benda hias adalah segala macam bentuk benda yang fungsinya hanya sebagi hiasan saja.

PENGERTIAN GAMBAR ILUSTRASI :

Gambar ilustrasi adalah sebuah gambar yang mendukung dan memperjelas sesuatu. menggabar ilustrasi adalah cara menggambar atau melukis yang lebih mengutamakan fungsi gambar itu sendiri sebagai bahas, guan menerangkan atau menjelaskan suatu hal yang ada pada gambar tersebut.

PRINSIP-PRINSIP GAMBAR ILUSTRASI :

1. Komunikatif,
2. Mudah dimengerti maksud dan tujuannya,
3. Kesederhanaan
4. Tingkat umur dan
5. Adanya bentuk cerita, tulisan, dan objeknya.

FUNGSI GAMBAR ILUSTRASI ADALAH :

1. Menjelaskan suatu cerita,
2. Menjelaskan tulisan ilmiah,
3. Pelengkap gambar reklame,
4. Untuk cerita bergambar,
5. Mengisi kekosongan,
6. mengungkapkan rasa humor dan
7. Mengungkapkan kritik, sindiran, dan ejekan.

CONTOH-CONTOH BENDA HIAS DAN BENDA PAKAI :

1. Benda pakai : meja, tas sekolha, almari, sisir, sepeda dsb.
2. Benda hias : patung, relief, tenun, dan batik.

PENGERTIAN PAMERAN

Pameran adalah suatu usaha seseorang untuk memperlihatkan hasil karya seni rupa yang telah dibuatnya kepada public atau orang lain didalam suatu tempat.

Olahraga Permainan Bola Voli 3

BERMAIN BOLA VOLI DENGAN PERATURAN YANG SEBENARNYA

1) Perkenaan bersama-sama

a. dua atau tiga pemain tidak boleh menyentuh bola pada saat yang bersamaan.
b. apabila dua atau tiga pemain regu menyentuh bola secar bersama-sama, maka dihitung dua atau tiga pantulan.
c. jika terjadi perkenaan bersama oleh dua tim regu diatas net dan bola kembali kedalam lapangan permainan, maka bola dapat diaminakan 3 pantulan.

2) Posisi pemain dan rotasi

a. pada saat bola dipukul oleh server, tiap regu harus berada dalam dua baris dilapangan snediri.
b. tiga pemain didepan net terdiri dari posisi 2 ( sebelah kanan ), 3 ( tengah ), dan 4 (kiri ).
c. tiga pemain dibelakng garis serang terdiri dari posisi 1 ( belakang kanan ), 6 (tengah ), dan 5 (kiri ).
d. rotasi pemain, apabila regu penerima berhasil mematikan bola, pemain regu tersebut harus mengadakan rotasi satu putaran serah jarum jam.

3) Penilaian

Penilaian dengan cara rally point yaitu setiap terjadi bola mati maka regu yang beruntung yang dapat mematikan bola akan mendapatkan nilai / poin bagi kelompoknya. point yang harus dimenagkan harus mencapai 25 point.

PERWASITAN DAN PETUGAS BOLA VOLI

1) Wasit I ( referee 0 berjumlah 1 orang
tugasnya :
a. bertanggung jawab atas kelancaran dalam permainan bola voli.
b. dapat meniup peluit kapan asaja apabila terdapat kesalahan.
c. dapat memulai atau menghentikan permainan yang sedang berlamgsung.
d. dapat memberikan hukuman bagai orang atau kelompok yang melakukan kesalahan.

2) Wasit II ( umpire ) berjumlah 1 orang
tugasnya :
a. dapat membantu tugas wasit satu.
b. memberikan lpaoran berapa kali time out masing-masing regu kepada wasit atau pelatih.
c. dapat mengambil alih permainan atau pertandingan apabila wasit satu tidak mampu.

3) Pencatat nilai ( scorer ) berjumlah 1 orang
tugasnnya :
a. mencatat nilai atau point yang didapat oleh setipa regu
b. mengawasi urutan servis masing-masing regu
c. mecatat semua teguran dari wasit terhadap pemain atau kelompok

4) Pengawas garis ( linismen ) berjumlah 6 orang
tugasnya :
a. mengawasi bola masuk dan keluar dari lapangan
b. melaporkan kejadian yang berhubungan dengan permainan

5) Pengawas dan pengambil 1 bola berjumlah 6 orang
tugasnya mengawasi dan mengambil bola yang keluar dari lapangan dan menyerahkannya kepada pemain

6) Penggantung nilai berjumlah 2 orang
tugasnya mengganti setiap ada penggantian nilai, dengan cara menggantungkan nilai pada papan untuk diperlihatkan ke umum.

Olahraga Permainan Bola Voli 2

STRATEGI DASAR PERTAHANAN BOLA VOLI

A) Pertahanan terhadap servis
1. sistem menerima servis 2 : 4 artinya 4 pemain bertugas untuk menerima servis, sedang 2 pemain lagi bersiap untuk umapan dan smash.
2. sistem menerima servis 1 : 5 artinya 5 pemain bertugas menerima servis, sedang 1 orang bertugas sebagai pengumpan.
3. sistem menerim servis 0 :6 artinya 6 pemain seluruhnya menrima servis dari lawan.

B) Pertahanan menerima smash, passing dan tipuan
1. sistem 0:3:3, pertahanan tanpa block, 3 pemain tengah dan 3 pemain belakang
2. sistem 2:1:3, 2 pemain bertugas sebagi block, 1 pemain bertugas sebagi bertahan ditrngah lapangan, dan 3 pemain berada dibelakang.
3. sistem 2:2:2, 2 orang bertugas sebagai blok, 2 orang berthan ditengah lapangan dan 2 pamain lainnya bertahan dibelakang.
4. sistem 2;0:4, 2 orang bertugas sebagai block, lapangan tengah kosong dan 4 pemain lainnya bertahan di belakang.

STRATEGI DASAR MENYERANG BOLA VOLI

Serangan adalah semua pukulan dari arah lawan main ke daerah lawna dengan tujuan mematikkan bola dan mendapatkan nilai atau point tepat didaerah lawan.

A) Macam-macam pola penyerangan :
1. sistem 4 Sm-2 Su artinya 4 pemain sebagai smasher dan 2 pemain sebagai set upper/pengumpan.
2. sistem 4 Sm-1 A-1 Su artunya 4 pemain sebagi smasher, 1 pemain all round/serba bis, dan 1 pemain sebagi set uppur.
3. sistem 5 Sm-1 su artinya 5 pemain sebagi smasher dan 1 pemain sebagai set upper.

TEKHNIK BERMAIN CABANG BOLA VOLI

A) Peraturan permainan bola voli
Fasilitas dan perlengkapan permainan bola voli
1. Lapangan
a. panjang 18 m, lebar 9 m
b. panjang daerah serang 3 m dari net
c. lebar net 90 cm
2. Bola terbuat dari kulit lemak dengan ketentuan sebagai berikut :
a. garis lingkar bola antara 25-27 inci
b. berat bola antara 8-9 ons

Olahraga Permainan Bola Voli 1

A. PERMAINAN BOLA VOLI

1) Keterampilan Gerak Dasar Permainan Bola Voli
a. Servis

1. Servis bawah ( under hand service )
cara melakukannya :
a) ambil sikap berdiri dengan kaki kiri berada didepan kaki kanan dan kedua lutut ditekuk.
b) tangan kiri menyangga bola, sedang tangan kanan memegang bagian atas bola
c) bola dilambungkan dengan tangan kiri keatas sampai kira-kira 0,5 meter di atas kepala. tangan kanan segera ditarik kebelakang atas kepala.
d) bola dipukul dengan cara memukul seperti pada smash, pada waktu tangan dilecutkan siku jangan sampai ikut tertarik kebawah.

2. Servis depan atas ( front service )
cara melakukannya :
a) tangan yang akan memukul bola harus lurus sewaktu menyentuh bola.
b) bola dipukul dari arah depan atas kepala, dengan melucutkan tangan dan lengan.
c) akan lebih efektif bila dapat memukul bola dengan keras dan menukik kebawah bergelombang.

3. Servis block ( smash service )
cara melakukannya :
a) bola dilempar sesuai dengan tinggi lompatan dan jangkauan tangan kita. tangan tetap lurus untuk memungkinkan kerasnya pukulan.

b. Passing

1. Passing bawah
cara melakukannya :
a) sikap kaki dibuka bahu dan salah satu kaki berada didepan.
b) sikap lengan dan tangan diupayakan seluas mungkin dan kedua siku sebaiknya ditaksir untuk mencegah terjadinya pergeseran agar bola tidak melenceng.
c) kedua ibu jari sejajar dan jari-jari tangan satu membungkus jari-jari yang lain.
d) ketika datang, maka tahanlah bola dengan sikap penjagaan rendah.

2. Passing atas
cara melakukannya :
a) jari-jari tamgam terbuka lebar dan kedua tangan membentuk mangkok hampir saling berhadapan.
b) sebelum menyentuh bola, lutut sedikit ditekuk hingga tangan berada dimuka setinggi hidung.
c) sudut antara siku dan badan 45 derajat, bola disentuhnya dengan cara meluruskan kedua kaki dan lengan.
d0 sikap pergelangan tangan dan jari-jari tidak berubah.

c. Umpan / Set Uper

Umpan tinggi, diaminkan dengan ketinggian 3 meter lebih dari ketinggian jaring dan turunnya berkisar antara 15-100 cm dari net. Umpan tinggi ini dapat dilakukan dengan arah kedepan atau kebelakang.
Umpan rendah, umpan semi lebih kurang 1 meter dari ketinggian net, jatuhnya bola antara 10-25cm dari net. Umpan ini dapat dilakukan dengan memajang atau parabola.

Latar Belakang Penciptaan Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Latar Belakang Penciptaan Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Penciptaan karya seni rupa terapan nusantara terdiri dari :

a. Unsur Ekonomi
faktor ekonomi sangat mendukung penciptaan karya seni rupa terapan di Indonesia, misalnya urusan perdagangan dan galeri.

b. Unsur Ekspresi Diri
unsur ekspresi diri sangat menentukkan penciptaan karya seni karena dnegan ungkapan emosional sipembuat, maka terwujudlah suatu karya seni yang menarik.

c. Unsur Eksperimen
daya pikir yang semakin lama makin berkembang akan mendorong manusia untuk mencoba membuat suatu karya seni yang bernilai.

d. Unsur Religius atau Keagamaan
unsur keagamaan penciptaan karya, karena dengan dilandasi unsur keagamaan, maka ketakwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan bertambah.

e. Unsur Aktualisasi Diri
unsur aktualisasi diri sangat menetukkan penciptaan karya seni karena dengan aktualisasi diri, si pembuat karya akan memperlihatkan jati dirinya melalui karya seni yang dibuat.

Tekhnik-Tekhnik Membuat Karya Seni Rupa Terdiri Dari :

a. tekhnik cor
b. tekhnik pahat
c. tekhink butsir
d. tekhnik lukis
e. tekhnik tatah
f. tekhnik konstruksi
g. tekhnik cetak
h. tekhnik las

Bentuk Karya Seni Rupa Terbagi Menjadi :

a. Karya seni dua dimensi
b. Karya seni rupa tiga dimensi

Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terdiri Dari :

1) Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara terdiri dari :
a. Bentuk dan tekhnik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara
b. Fungsi, jenis, dan bentuk karya seni rupa terapan nusantara
c. Makna karya seni rupa terapan nusantara
d. Ciri-ciri khusus bentuk karya seni rupa terapan nusantara
e. Latar belakang penciptaan karya seni rupa terapan nusantara

2) Menapilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan tekhnik dalam karya seni rupa terapan nusantara terdiri dari :
a. Ruang lingkup apresiasi
b. Ragam keunikan gagasan karya seni rupa terapan nusantara
c. Ragam keunikan tekhnik karya seni rupa terapan nusantara

Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

1) Bentuk dan tekhnik pembuatan karya senirupa terapan nusantara
a. Pengertian karya seni rupa terapan nusantara
Seni rupa adalah sesuatu yang dapat memasukkan perasaan seseorang karena kehalusan dan keindahan yang diwujudkan dalam gambar.
b. Ragam seni rupa terapan nusantara
Keanekaragaman karya seni rupa nusantara dibedakan menjadi :
i. adat istiadat
ii. buday masyarakat setempat
iii. negara kepulauan
iv. sifat kemaritiman
vi. negara agraris

2. Fungsi, Jenis, dan bentuk karya seni rupa terapan nusantara
Karya seni rupa terapan nusantarra memiliki fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan yang sifatnya praktis dan estetis. Contoh karya seni rupa yang mempunyai sifat praktis adalah alat perabot rumah tangga,alat-alat dapur, meja, kursi. Karya seni rupa terapan yang berfungsi untuk memperindah ruangan, adalah patung, relief, lukisan dll.

Ciri-Ciri Khusus Bentuk Kaya Seni Rupa Terapan Nusantara
Ciri-ciri ini dapat dibedakan menjadai beberapa kelompok diantaranya :
a. Desain bangunan rumah
b. Desain bangunan tempat ibadah
c. Desai alat transportasi
d. Desain kriya nusantara terdiri dari :
i. Kriya anyaman
ii. Kriya keramik
iii. Seni wayang dan topeng daerah nusantara

Jumat, 21 Mei 2010

Komponen Sistem Komputer 2

Perangkat Lunak Aplikasi :

Merupakan perangkat yang mempunyai fungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah data, kata, lembar, presentase, dan sebagainya. Perangkat lunak aplikasi ini terdiri dari :

a) Program Bantu ( Utility )
Merupakan suatu program yang mempunyai fungsi untuk membantu sistem operasi seperti, anti virus, defragmenter, format disket,dsb.

b) Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mnegkonversi perhitungan yang bersifat metematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa Basic, Cobol, C++ dsb.

BRAINWARE

Merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi 3 diantaranya :
1. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programer.
2. Programer
Programer adalah seseorang yang mengerjakan program yang berasal dari sistem analyst.
3. Operator
Operator adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan seorang program.

TEKHNOLOGI INFORMASI

Tekhnologi Informasi merupakan suatu bidang yang mnangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan olaeh masyarakat.

JENIS-JENIS KOMPUTER

Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1. Super Komputer
Komputer yang digunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu menjalankan tugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskla kecil. Komputer ini banyak digunakan dibadan antariksa sebagai pengolah data.

2. Mainframe Komputer
Komputer ini terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untukmelayani data yang berskala massal. Biasanya digunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggannya.

3. Micro Komputer
Komputer ini sering dipergunakan diperusahaan kecil, terdiri dari komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari.

JENIS-JENIS MEDIA PENYIMPANAN DATA :

1) Hardisk



Merupakan tempat penyimpanan data internal yang kapasitasnya besar.

2) Disket



Merupakan media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.

3) CDROM / DVD



Merupakan media penyimpanan data berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data samapi 700 Mb, Sementara DVD mampu menyimpan antara 4 Gb hingga 9 Gb.

4) Flash Disk



Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena berukuran antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000 Mb).

Komponen Sistem Komputer

Komponen Sistem Komputer terdiri dari beberapa perangkat antara lain :

1) Perangkat Keras ( Hardware )
Adalah perangkat yang berfungsi untuk dapat melakukan proses input ( masukkan ) maupun output ( keluaran ).
Perangkat Keras terdiri dari :

a) Central Processing Unit ( CPU )
didalam kerja komputer, processor merupakan bagian yang paling utama atau penting dalam melakukan proses masukkan dan keluaran.

b) Perangakat Masukkan ( Input Device )
Perangkat ini berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau input untuk selanjutnya akan diproses menjadi sebuah informasi atau keluaran. adapun perangkat masukkan terdiri dari :

i. Mouse
Mouse sering dipergunakan dengan istilah pointer ( penunjuk ) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada dekstop ( ruang kerja ) sistem operasi. Mouse terdiri dari dual button, three button, scroll button.



ii. Keyboard
keyboard atau papan ketik merupakan perangkat yang sering kita gunakan dalam
kegiatan sehari-hari.



c) Perangkat Keluaran
Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukkan. Adapun perangkat tersebut antara lain :

i. Monitor
Merupakan salah satu perangkat yang sangat penting untuk menampilkna informasi yang dihasilkan oleh proses output.



ii. Printer ( alat cetak )
Berfungsi untuk mencetak hasil proses dari inputan berupa gambar dsb.



iii. Speaker
Berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses didalam komputer.



d. Perangkat Lunak ( Software )
Adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan antara perangkat keras dengan pengguna dan perangkat keras dengan pengguna. Secara umum perangkat lunak terdiri dari 2 yaitu :

i. Perangkat Lunak Sistem Operasi
Perangkat ini sangat berperan penting dalam menjalankan program komputer. adapun sistem operasi tersebut bersifat :

a. Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user
b. Multitasking : dapat melakukan banyak tugas
Sistem Operasi terbagi menjadi dua klasifikasi :

1. Sistem operasi berbasiskan teks
Adalah sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks yaitu :

i. DOS ( Disk Operating System ) yang dikeluarkan oleh microsoft pada tahun 1981
ii. UNIX merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960. Bagian dari unix : Unix, OpenBSD, FreeBSD. Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.

2. Sistem Operasi Berbasiskan Unit Grafis antar muka ( GUI / Graphical Unit Inteface )
Adalah sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka. Ada beberapa contoh dari sistem ini diantaranya :

i. Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI yang dikeluarkan oleh Microsoft.
ii. Machintos merupakan sistem operasi yang sangat mudah digunakan ( user friendly ) dibandingkan dengan lainnya.
iii. Linux merupakan sistem operasi yang open source.

Komputer

ORGANISASI KOMPUTER

Sistem kerja komputer secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian yang diantara satu dengan lainnya saling ada kaitannya satu sama lain diantaranya :

1. Input device/alat masukkan adalah perangkat keras komputer yang dapat berfungsi sebagai memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
2. process device/alat proses adalah perangkat keras komputer yang dapat berfungsi sebagai pengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukkan.
3. Output device/alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang dapat berfungsi untuk menapilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses.

KEYBOARD

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat atau data. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dan karakter khuss seperti : '~@!#$%^&*()_-+=<>/?:;",.\ serta tombol lainnya.
Keyboard terbagi menjadi 4 antara lain :
1. Keyboard Serial
2. Keyboard PS/2
3. Keyboard Wireless
4. Keyboard USB

STRUKTUR TOMBOL PADA KEYBOARD :

1) Tombol Ketik ( typing keys )
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum terdapat 2 jenis susunan huruf pada keyboard antara lain tipe Qwerty dan DVORAK

2) Numeric Keypad
Adalah keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi dalam perhitungan.

3) Tombol Fungsi ( function Keys )
Adalah tombol fungsi pada kkeyboard standard. tombol ini digunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4) Tombol Kontrol ( Control Keys )
Adalah tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. yang termasuk dalam tombol ini : 4 tombol anak panah, home, end, delete, page up, pege down, control (ctrl), alternate (alt), dan escape (esc).

Tekhnologi Internet 2

Perangkat Keras Untuk Akses Internet Antara Lain :

1. Komputer dengan spesifikasi :
a. Processor Pentium IV 1,7 Gbz atau procesoor lainnya
b. Ram 128 Mb
c. Hard Disk 40 Gb
d. Monitor SVGA
e. Card VGA 4 Mb
2. Sistem operasi
a. Windows 95/97/98, windows 2000, windows vista, windows xp dsb
3. Modem ( Modulator Demodulator )
berfungsi untuk mengkonversikan data digital kedata anlag dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telephone dan sebaliknya.
Ada 2 Macam Modem antara lain :
a. Modem Internal, yang bentuknya mirip VGA dan harus dipasang didalam komputer
b. Modem Ekternal, yang dilengkapi dengan panel LED atau LCD yang menapilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem, dapat dinyalakan terpisah atau dimatikan secra terpisah dari komputer
4. Saluran Telephone

Internet Service Provider ( ISP )

ISP adalah perusahaan penyedia akses internet bagi para konsumen yang pada umumnya melakukan penagihan biaya langganan setiap bulannya. Contohnya : Telkomnet, Indonet, Rad-Net, Centrin, CBN, Wasantra dll

User ID dan Password

a. User ID adalah identitas atau nomor si pemakai yang mempunyai hak akses internet untuk keperluan proses pengolahan data.
b. Password adalah nomor sandi yang sifatnya rahasia dan pribadi, tidak dapat dibaca atau digunakan oleh orang lain. password biasanya tertulis dengan simbol asteris (*).

Tekhnologi Internet 1

Pengertian Internet :

Internet ( Interconnected-network ) adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai macam situs yang ada pada saat ini. selain itu juga internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang tersebar diseluruh indonesia bahkan seluruh dunia.

Keunggulan Internet :

1. Komunikasi murah
2. Sumber informasi besar
3. Tantangan baru untuk berusaha
4. Keterbukaan tanpa snesor
5. Jangkauan yang tidak terbatas

Kegunaan Intenet :

1. Internet sebagai median komunikasi
2. Internet sebagai media promosi, diantaranya image company, pengenalan dan pemasaran produk, registrasi iklan, jadwal pengiriman dll.
3. Internet sebagai komunikasi interaktif, diantaranya e-mail, video conferencing, internet relay chat, internet phone
4. Internet sebagai alat Research and Development
5. Internet sebagai pertukaran data

Tekhnologi Informasi Jaringan Komputer 2

Berdasarkan topologinya, tekhnologi informasi jaringan komputer dapat dibedakan atas beberapa bentuk diantaranya :

1) Topologi Bus
Pada topologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kebel pusat simana seluruh client dan server dihubungkan.



Beberapa keunggulan dari Topologi Bus antara lain :
a. Penambahan komputer mudah dilakukan
b. Sambungan kabel sederhana dan hemat kabel

Beberapa kelemahan dari Topologi Bus antara lain :
a. Lalu lintas data sangat padat
b. Jika salah satu client rusak, sistem tidak berfungsi dan sulit mendeteksi
c. Tidak efektif untuk jarak jauh

2) Topologi Star
Pada topologi star masing-masing client dihubungkan keserver melalui hub (switch).



Beberapa kelebihan dari Topologi Star antara lain :
a. Semua client terhubung langsung kepusat server menyebabkan control terpusat
b. Pemasangan dan penambahan kabel menjadi mudah dan paling fleksibel
c. Jika salah satu client mangalami gangguan tidak akan mengganggu client lain

Beberapa kekurangan dari Topologi Star antara lain :
a. Karena control terpusat maka elemen hub 9switch) kritis
b. Lebih boros kabel

3) Topologi Ring
Dalam topologi ring setiap client ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer lain ke komputer lain. Bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak sesuai informasi akan dilewatkan / diteruskan ke komputer lain.



Beberapa kelebihan dari Topologi Ring antara lain :
a. Tidak akan terjadi tabrakan arus data seperti pada bus
b. Lebih hemat kabel

Beberapa kekurangan dari Topologi Ring antara lain :
a. Jika terjadi gangguan disalah satu tempat, seluruh jaringan akan ikut terganggu
b. Penambahan komputer baru lebih sedikit
c. Peka terhadap kesalahan

Berdasarkan sistemn oeprasinya, jaringan komputer dibedakan atas jaringan Client and Server dan jaringan Peer to Peer.

1) Jaringan Client and Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lainnya didalam jaringan. Sedangakan Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakn oleh server. Sisttem ini banyak dijumpai di warnet-warnet atau dapat digunakan dilaboratorium komputer sekolah.



Beberapa kelebihan dari Jaringan Client and Server antara lain :
a. Kecepatan akses lebih tinggi
b. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik
c. Sistem backup data lebih baik

Beberapa kekurangan dari Jaringan Client and Server antara lain :
a. Biaya operasional relatif lebih murah
b. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server
c. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server

2) Jaringan Peer to Peer
Pada jaringan Peer to Peer, komputer yang berperan sebagai server disebut sebagai nondedicated server artinya tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.



Beberapa kelebihan dari Jaringan peer to Peer antara lain :
1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimiliki seperi : hardisk, drive, fax/modem, printer
2. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server
3. Kelangsungan kerja jaringan tidak terganrung pada satu server

Beberapa kekuranggan dari Jaringan Peer to Peer antara lain :
a. Boros kabel dan troubelshooting jaringan relatif lebih sulit.
b. Unjuk kerja lebih rendah
c. Keamanan jaringan tesebar dan backup ditentukkan oleh masing-masing komputer atau user

Tekhnologi Informasi Jaringan Komputer 1

A) Pengertian Jaringan Komputer

adalah dua komputer atau lebih dalam satu area tertentu dapat saling berhubungan bersama membentuk suatu jaringan sehingga setiap komputer dapat berbagi data dengan komputer lain manapun atau hanya dengan komputer tertentu saja.
Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi saat ini telah memungkinkan kita dapat membentuk jaringna komputer yang tidak hanya sebatas pada lingkungan kantor atau kota saja. Saat ini telah ada jaringan komputer antar kota bahkan antar negara. Jaringan komputer terbesar adalah Internet.

B) Macam - Macam Jaringan Komputer :

1. LAN ( Local Area Network )adalah jatingan komputer yang terkecil, minimal terdiri dari dua komputer atau lebih. selain itu LAN banyak digunakan di perkantoran, tempat-tempat kursus,sekolah,rumah-rumah dsb.

2. MAN ( Metropolitan Area Network ) adalah jaringan komputer yang mempunyai jangkauan geografis agak luas. Jaringan komputer ini dapat banyak ditemui di perusahaan dalam suatu kota dsb.

3. WAN ( Wide Area Network ) adalah jaringan komputer yang mempunyai jaringan geografis yang sangat luas,area kerjanya meliputi antar negara dan antar benua.

Internet adalah jaringan yang luas area kerjanya atau sama seperti WAN. Selain itu didalam internet juga terdapat jaringan LAN dan MAN.

Intranet adalah jaringan yang terdiri dari jaringan LAN yang dapat dihubungkan ke dalam jaringan pusat.

Extranet juga hampir sama seperti internet, dalam ekstranet perusahaan dapat berbagi data atau informasi dengan pelanggan, pemasok, rekan atau publik umum.