Mengenai Saya

Foto saya
^_^ aqu seperti api di atas sebuah lilin" yang menyala, tertiup angin dya bergoyang bahkan ham pir padam. qu mohon jaga aq agar aq tetap menyala & mencintaimu & jangan biarkan aq bergoyang dan padam ^_^.

Sabtu, 22 Mei 2010

Mengapresiasikan Karya Seni Tari

Jenis karya seni tari nusantara ada dua bagian yaitu tari lepas dan drama tari. Tari lepas adalah tari-tarian yang mempertunjukkan suatu peristiwa yang berlatar belakang cerita. Sedangkan drama tari adalah suatu pertunjukkan yang mementaskan cerita dan diungkapkan melaui media tari dan dialog.

Contoh tari nusantara : tari saudati, tari kipas, tari jegog, dan tari latimasa.

Apresiasi adalah salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan rasa ingin memiliki rasa mencintai dan menghayati karya seni.

Manfaat mengoleksi karya sebi yitu :
a. menumbuhkan rasa cinta terhadap karya seni
b. memberikan motivasi dan rangsangan berkreasi
c. memperluas cara pandang terhadap karya seni

Bentuk-bentuk penyajian tari yaitu :
a. Tari tunggal adalah penyajian tari yang ditarikan oleh sesorang penari. contoh : tari pendet, tari gunung sari, dan tari panji semirang.

b. tari rakyat adalah bentuk penyajian yang ditarikan oleh dua orang penari. contohnya : tari payung, tari piring, tari saman, tari tayub, tari retno tinanding.

c. tari massal / kelompok adalah bentuk penyajian yang ditarikan lebih dari dua orang penari. contoh : wayang orang, ludrug, tari klasik, sendrati, drama tari, tari kiprah gglipang dan tari lenso.

Jenis tari ada 4 yaitu : tari tradisional, tari rakyat, tari klasik, tari modern

Tujuan apresiasi antara lain :
1. mencintai lingkungan budaya
2. memotivasi untuk berkarya
3. menghargai lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar