Mengenai Saya

Foto saya
^_^ aqu seperti api di atas sebuah lilin" yang menyala, tertiup angin dya bergoyang bahkan ham pir padam. qu mohon jaga aq agar aq tetap menyala & mencintaimu & jangan biarkan aq bergoyang dan padam ^_^.

Kamis, 06 Januari 2011

Pengertian Energi

Pengertian Energi, Potensial, Kinetik dan Hukum Kekekalan Energi - Fisika
Energi dari suatu benda adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha. Satuan energi adalah joule. Dalam ilmu fisika energi terbagi dalam berbagai macam/jenis, antara lain :
- energi potensial
- energi kinetik/kinetis
- energi panas
- energi air
- energi batu bara
- energi minyak bumi
- energi listrik
- energi matahari
- energi angin
- energi kimia
- energi nuklir
- energi gas bumi
- energi ombak dan gelombang
- energi minyak bumi
- energi mekanik/mekanis
- energi cahaya
- energi listrik

A. Energi potensial atau Energi Diam
Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat adanya pengaruh tempat atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi diam karena benda yang dalam keaadaan diam dapat memiliki energi. Jika benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Contoh misalnya seperti buah kelapa yang siap jatuh dari pohonnya, cicak di plafon rumah, dan lain sebagainya.
Rumus atau persamaan energi potential :
Ep = m.g.h
keterangan
Ep = energi potensial
m = massa dari benda
g = percepatan gravitasi
h = tinggi benda dari tanah
B. Energi Kinetik atau Kinetis
Energi kinetik adalah energi dari suatu benda yang dimiliki karena pengaruh gerakannya. Benda yang bergerak memiliki energi kinetik.
Rumus atau persamaan energi kinetik :
Ek = 1/2.m.v^2
keterangan
Ep = energi kinetik
m = massa dari benda
v = kecepatan dari benda
v^2 = v pangkat 2
C. Hukum Kekekalan Energi
" Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan "
Jadi perubahan bentuk suatu energi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain tidak merubah jumlah atau besar energi secara keseluruhan.
Rumus atau persamaan mekanik (berhubungan dengan hukum kekekalan energi) :
Em = Ep + Ek
keterangan
Em = energi mekanik
Ep = energi kinetik
Ek = energi kinetik
Catatan :
Satuan enerti adalah joule

Open Office

OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing.
OpenOffice.org dikembangkan oleh Komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystem. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source, dan siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.
OpenOffice.org bisa tersedia dalam 2 (dua) muka baik dengan sistem operasi Windows dan Linux. Selain itu OpenOffice.org mendukung format berbagai format file Microsoft Office.

Komponen dalam OpenOffice.org adalah :
1. OpenOffice.org Writer, adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.
2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
3. OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
4. OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
5. OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
6. OpenOffice.org Base, adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata, lembar kerja, presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data. OpenOffice.org ditujukan sebagai pengganti bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice mendukung

Lotus Notes

1. JELASKAN APA ITU LOTUS NOTES ?

a) Lotus Notes adalah sistem aplikasi basis data (database) berorientasi dokumen yang terdistribusi.
b) Aplikasi Lotus Notes adalah suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi-fungsi bisnis dan kegunaannya.

2. JELASKAN APLIKASI APA SAJA YANG ADA DI LOTUS NOTES ?
APPROVAL
Merupakan metode elektronik untuk meninjau kembali informasi atau meminta persetujuan. Aplikasi ini sering menggunakan rute mail,
pengingat otomatis, pelacakan dan kumpulan aksi yang berdasarkan
kondisi yang berbeda

• BROADCAST
Penanganan dokumen kelompok yang menjaga agar orang-orang yang
berada dalam suatu organisasi selalu mendapatkan infromasi terbaru untuk
keperluan pekerjaannya. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna
dalam jumlah besar dan berisi informasi yang biasanya penting

• REFERENCE
Menyediakan kumpulan referensi informasi yang dapat diakses secara online dan dapat diperbaharui jika diperlukan


• TRACKING
Aplikasi ini dirancang untuk menggantikan aktivitas-aktivitas yang memerlukan banyak kertas menjadi aktifitas secara elektronik dimana
pengguna dapat memberikan kontribusi terhadap aktifitas, melacak kemajuan-kemajuan data membuat laporan-laporan.
• DISCUSSION
Merupakan alat bantu grup komunikasi. Aplikasi ini dirancang untuk memperbaiki pertemuan tatap muka dengan mengangkat ide-ide dari orang lain dan memberikan tanggapan tanpa harus melalui pertemuan yang dibatasi tempat dan waktu

3. JELASKAN KELEBIHAN DARI LOTUS NOTES ?
KELEBIHAN-KELEBIHAN NOTES
 Notes memberikan interface yang standar untuk pengguna.
 Notes dapat dijalankan pada workstation Windows, OS/2, Macintosh, dan UNIX
 Notes memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses data yang sama
 Pengguna Notes tidak memerlukan jaringan
 Akses ke suatu informasi dapat dikontrol
 Aplikasi Notes dapat menggunakan surat elektronik (electronic mail)
 Aplikasi Notes dapat mengatur alur kerja (workflow)
 Aplikasi Notes dapat menggunakan data eksternal


4. JELASKAN PERBEDAAN ANTARA LOTUS NOTES DAN RDBMS ?

RDBMS
 Berbasis pada transaksi
 Menggunakan data terstruktur
 Menawarkan akses data secara real-time
 Menempatkan data dengan menggunakan query khusus
 Tersentralisasi pada satu perusahaan
 Diakses melalui SQL


LOTUS NOTES
 Berbasis pada dokumen
 Menggunakan data elemen semi-terstruktur (rich text, grafik, dll)
 Update secara periodik (berkala)
 Menempatkan data dengan menggunakan views (query yang telah didefinisikan sebelumnya)
 Berbagi pakai (share recources) antar perusahaan
 Diakses melalui full-text search

Ciri-ciri Orang Berbohong

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk menipu orang lain dengan mudah. Namun, saat seseorang berbohong, biasanya bisa dilihat dari fisiknya. Salah satunya adalah dengan mengamati mata lawan bicara Anda. Mengapa demikian?
Ketika menjawab pertanyaan dan bola mata orang tersebut bergerak ke arah kiri kemungkinan jawabannya jujur. Sedangkan bila bergerak ke arah kanan kemungkinan orang itu sedang mengatakan sesuatu yang bohong atau berbohong. Hal ini karena bagian otak kiri berfungsi sebagai Auditory Memory, sedangkan otak kanan untuk kreatifitas. Maka bila bola mata ke kiri, berarti dia berusaha mengingat sedangkan sebaliknya jika bola mata ke arah kanan berarti dia sedang menyusun atau menggambarkan sesuatu sebagai jawaban yang lain. Hal ini karena bagian kreatifitasnya sedang bekerja untuk mengarang suatu cerita bohong.
Ciri fisik lainnya ketika seseorang sedang berbohong antara lain:
• Badan berkeringat.
• Napas mulai berat.
• Nada suara berbeda seperti meninggi atau monoton.
• Badan dan wajah terlihat kaku khususnya bagian dahi dan bibir.
• Tangan banyak bergerak misalnya memegang sesuatu, saling menggosok-gosokkan tangan, menggosok hidung, atau menutup mulut.
• Si pembohong tanpa disadari akan meletakkan benda-benda seperti cangkir, kertas, bolpen, atau benda lain sebagai pembatas.
• Coba ubah topik pembicaraan, jika ekspresinya terlihat lega, berarti ia sedang berbohong. Namun jika ia mengembalikan ke topik semula, berarti ia sedang berkata jujur.

Komponen Kapasitor

Komponen Kapasitor

Kapasitor (Kondensator) yang dalam rangkaian elektronika dilambangkan dengan huruf “C” adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi/muatan listrik di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor ditemukan oleh Michael Faraday (1791-1867). Satuan kapasitor disebut Farad (F). Satu Farad = 9 x 1011 cm2 yang artinya luas permukaan kepingan tersebut.
Struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. Bahan-bahan dielektrik yang umum dikenal misalnya udara vakum, keramik, gelas dan lain-lain. Jika kedua ujung plat metal diberi tegangan listrik, maka muatan-muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki (elektroda) metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatif terkumpul pada ujung metal yang satu lagi. Muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung kutub negatif dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju ke ujung kutub positif, karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif. Muatan elektrik ini tersimpan selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya. Di alam bebas, phenomena kapasitor ini terjadi pada saat terkumpulnya muatan-muatan positif dan negatif di awan.

1.1. Kapasitansi
Kapasitansi didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu kapasitor untuk dapat menampung muatan elektron. Coulombs pada abad 18 menghitung bahwa 1 coulomb = 6.25 x 1018 elektron. Kemudian Michael Faraday membuat postulat bahwa sebuah kapasitor akan memiliki kapasitansi sebesar 1 farad jika dengan tegangan 1 volt dapat memuat muatan elektron sebanyak 1 coulombs. Dengan rumus dapat ditulis :
Q = C V
Q = muatan elektron dalam C (coulombs)
C = nilai kapasitansi dalam F (farad)
V = besar tegangan dalam V (volt)
Dalam praktek pembuatan kapasitor, kapasitansi dihitung dengan mengetahui luas area plat metal (A), jarak (t) antara kedua plat metal (tebal dielektrik) dan konstanta (k) bahan dielektrik. Dengan rumus dapat di tulis sebagai berikut :
C = (8.85 x 10-12) (k A/t)

Perbedaan OOO Writer dengan Ms.Word

Perbedaan pada OOo Writer dibandingkan dengan MS Word, di antaranya :

• Templates tool ada pada menu file.
• Table ada di menu insert, daripada ada di main menu
• The label wizard ada di dalam File > New. Tidak seperti label fitur pada MS Word, label ini benar-benar wizard, dengan instruksi.
• Outline dan summary tools ada di dalam File > Send.
• Word count ada di dalam File > Properties.
• Collaboration tools ada pada menu Edit.

Compiere

Pengertian Compiere

Compiere merupakan sebuah business platform yang extensible. Dengan teknologi Model Driven Architecture memungkinkan Compiere dikembangkan menjadi ERP(Enterprice Resource Planing) dan CRM (Customer Relationship Management) sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau solusi pada desktop apapun dengan cepat dan mudah.Compiere datang dengan lisensi GPL (mulai versi 2.60) yang artinya Open Source (bebas lisensi)
Compiere sangat memungkinkan dan mudah untuk di Impelementasikan di perusahaan terutama perusahaan Distribusi yang memiliki bidang-bidang seperti Pemasaran, Bidang Layanan, Produksi, Pengendalian Inventori,Pengadaan Barang, Distribusi ,Pengelolaan Sumber Daya (SDM),Keuangan dan Akuntansi.
Compiere penyedia terkemuka di dunia open source dan awan berbasis solusi bisnis ERP.dan CRM Didirikan pada tahun 1999. Sampai dengan awal tahun 2008 sudah lebih dari 1.300.000 kali di download dari website http://www.sourceforge.net, Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.
Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.
Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang, serta di customization atau malah dimiliki, terutama membundle untuk solusi franchise, membuat Compiere mungkin satu-satunya ERP yang memposisikan dipasar ini. Maklum, ERP lainnya terutama yang kelas dunia, bangga dengan solusi bisnis processnya yang kelas dunia, sehingga perusahaan harus mengadopsinya, tidak ada kompromi tentu saja. Kalaupun bias dikustomisasi, sangat mahal investasinya, dan terkadang menggunakan teknologi tertutup.
Compiere yang dikembangkan menggunakan teknologi Java, dan mengusung arsitektur MDA (Model Driven Archivecture), membuat secara Software Engineering, Compiere merupakan teknologi yang maju sekali, karena memungkinkan pengembangan aplikasi diatas Compiere, tanpa perlu programmer Java. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi, jadi kalau ingin buat aplikasi bisnis cepat, pakailah Compiere, tidak ada satu hari untuk membuat sebuah form PO dengan reportnya.

Compiere 3 saat ini sudah tidak sepenuhnya free, karena sekarang dibagi menjadi 3 versi yaitu :
1.Community Edition
2.Standard Edition
3.Profesional Edition

Di versi 3.0 ini, ada beberapa perubahan dan perbaikan perbaikan, yaitu :
1. Instalasi jauh lebih mudah
2. Modul RMA
3. Tambahan template Financial Report
4. Perbaikan performa / kecepatan
5. Perbaikan security
6. Dan lain lain (termasuk perubahan warna, icon, themes)

Namun untuk Community edition (yang masiuh free), ada beberapa kekurangan, yaitu:
1. Tidak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
2. Tidak tersedianya PDF exporter (hanya ada versi demo, padahal ini penting sekali)
3. Selain database EnterpriseDB, hanya bisa pakai Oracle XE (tidak bisa pakai oracle standard or Profesional)
4. Jadi jelas sekali kalau kita hanya menggunakan Community Edition, akan mengalami banyak keterbatasan.
1) Aspek Teknologi Compiere
•Arsitektur teknologi Compiere terdiri dari 3 layer:
–Server database
Menggunakan database Oracle versi 9, sehingga secara legal tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat initim pengembang Compiere sedang menuju database independenceAspek Teknologi Compiere(2)
•Application server
Teknologi yang digunakan adalah Jboss yang bersifatopen source dan gratis. Jboss merupakan applicationserver terkemuka untuk mendukung platform Java Enterprise (J2EE)
•Client
Disisi klien terdapat 2 pilihan, Yaitu :
-Java client yang menggunakan antar muka Windows dan
-HTML client yang menggunakan browser.

Tips Untuk TErlihat Tinggi

Memiliki tubuh mungil mungkin dapat menilmbulkan kurang percaya diri. Melihat model iklan atau foto model yang tinggi dapat membuat kita merasa tidak dapat tampil cantik. Sebenarnya ini pendapat yang salah, karena dengan mengetahui trik berbusana yang tepat, Anda yang memiliki tubuh pendek dapat menyamarkan kelemahan postur tubuh Anda.

Tips Terlihat Tinggi
Bagi Anda yang memiliki tubuh mungil atau tinggi badan yang tidak terlalu tinggi namun ingin lebih percaya diri, Anda bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi. Untuk membuat tubuh terlihat tinggi, beberapa tips fashion berikut ini dapat Anda lakukan.
• Jangan menggunakan rok atau celana yang terlalu panjang
Hal ini dapat membuat Anda terlihat tenggelam dalam pakaian Anda sehingga semakin membuat Anda terlihat lebih pendek. Untuk celana panjang, maksimal yang panjangnya tidak melewati hak alas kaki yang akan digunakan. Bila ingin menggunakan rok, pilih rok yang panjangnya selutut atau gunakan rok mini untuk membuat kaki Anda terlihat panjang.
• Memilih atasan dan bawahan dengan warna senada
Dengan menggunakan atasan dan bawahan yang warnanya senada akan menyulitkan melihat batas antara bagian atas tubuh dan bagian bawah, hasilnya tubuh Anda akan terlihat lebih tinggi.
• Menggunakan pakaian dengan motif vertikal
Pakaian dengan garis-garis vertikal telah lama diketahui untuk membuat tubuh terlihat tinggi dan ramping. Efek ini memang akan Anda dapatkan saat Anda menerapkannya pada atasan atau bawahan. Bila akan menggunakan atasan atau bawahan sebaiknya memilih yang bermotif kecil, misalnya bunga-bunga kecil, bulatan kecil, dan motif lainnya.
• Gunakan pakaian dengan warna gelap
Menggunakan pakaian berwarna gelap akan membuat Anda terlihat lebih tinggi serta bonus tubuh terlihat langsing karena warna gelap menyerap cahaya.
• Pilih Model Atasan yang Cocok
Untuk pakaian atasan, Anda dapat memilih atasan dengan leher berbetuk V yang akan membuat leher terlihat lebih jenjang dan tubuh bagian atas terlihat lebih tinggi. Anda juga dapat memasukkan atasan ke dalam celana atau rok agar bagian kaki terlihat lebih panjang. Bila hendak menggunakan jaket atau jas, sebaiknya dipilih yang beukuran pendek sehingga tubuh bagian atas terlihat lebih tinggi. Bisa pula menggunakan pakaian yang bahannya ringan dan halus agar tubuh tidak terlihat kaku.
• Pilih Model Celana yang sesuai
Selain tidak boleh menggunakan celana yang terlalu panjang, ada beberapa model celana yang dapat membut kaki terlihat pendek, misalnya celana kapri, baggy, atau cut bray yang akan membuat orang terfokus pada kaki Anda sehingga kaki terlihat pendek. Yang baik digunakan adalah menggunakan celana model lurus.
• Pilih Model Rok yang Sesuai
Agar kaki terlihat lebih tinggi, Anda dapat menggunakan rok dengan pinggang yang tinggi, ini berlaku juga untuk celana yang ingin digunakan.
• Gunakan Aksesoris yang Cocok
Bila ingin menggunakan aksesoris pada leher, waspadai agar tidk menggunakan secara berlebihan atau terlalu banyak sehingga leher tertutup aksesoris. Bila ingin menggunakan ikat pinggang, sebaiknya menggunakan ikat pinggang yang tipis agar batas tubuh bagian atas dan bawah tidak terlihat batas yang jelas. Untuk memberi kesan tinggi, Anda dapat pula menggunakan aksesoris seperti sepatu, anting-anting, tas, atau aksesoris lain dengan warna senada.
• Sepatu high heels
Sepatu dengan hak tinggi (high heels) merupakan salah satu cara ampuh untuk menambah tinggi badan. Tetapi, perhatikan juga situasi saat menggunakan sepatu hak agar kaki Anda tidak menjadi korban karena terlalu lama memakai sepatu ini tidak baik untuk kesehatan.
Anda juga dapat berkreasi dengan memadupadankan model pakaian sesuai gaya Anda sehingga Anda tetap dapat mengekspresikan diri dengan pakaian. Memang tubuh mungil bukan berarti tidak bisa tampil modis dan menarik. Dengan trik busana yang tepat, Anda bisa menutupinya dan terlihat lebih tinggi.

Dekstop

Keterangan Dekstop :

1) Dekstop adalah tampilan / layar utama pada windows / sistem operasi.
2) Taskbar dibagian bawah ruang kerja desktop sistem operasi berguna untuk mmenjalankan aplikasi, dan mengalihkan antar program aplikasi yang aktif. Terdiri dari :
a) Start Menu adalah untuk memulai suatu program atau aplikasi pada windows / sistem operasi.
b) Tampilan waktu dan jam
c) Hp Digital Imaging Monitor
3) Icon – icon pada desktop terdiri dari :
a) Recycle Bin digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus, sampai file tersebut benar – benar dihapus secara permanent.
b) My Computer digunakan untuk menampilkan seluruh drive, folder dan file yang ada pada computer.
c) My Document pada umumnya berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang ada pada computer.
d) Internet Mozila Firefox sebagi browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu situs atau web.
e) Tahoo Messenger.
f) Media Player Classic.
g) HP Image Zone Express
h) AvRack.
i) Adobe Reader 9


Keterangan Themes :

1) Themes berfungsi untuk mengatur kulit ( skin ) desktop dan mengaturnya sesuai dengan keinginan.
2) Theme berfungsi untuk memilih skin apa yang akan dipilih.
3) Save As berfungsi untuk menyimpan skin yang telah dipilih

Keterangan Desktop :

1) Desktop berfungsi untuk menampilkan gambar sesuai sebagai latar belakang desktop.
2) Background adalah daftar gambar yang dapat digunakan untuk latar belakang desktop.
3) Browse adalah untuk mengambil gambar dari media gambar penyimpanan lainnya.
4) Position adalah untuk menentukan letak gambar sesuai keinginan kita. Position terdiri dari :
a) Stretch adalah untuk letak gambar secara besar atau penuh dalam satu layar.
b) Center dalah untuk letak gambar di tengah – tengah layar.
c) Tile adalah gambar yang terbagi 4 dalam satu layar penuh.
5) color adalah untuk memberikan / mengganti warna gambar sesuai keinginan kita.

Keterangan Screen Saver :

1) Screen Saver adalah untuk menampilkan screen saver atau animasi bergerak yang akan tampil pada saat computer tidak dipergunajan.
2) Minutes adalah pengaruran menit dari screen saver dapat diatur sesuai keinginan kita.
3) Preview untuk menampilkan screen saver yang terpilih.

Keteerangan Appearance :

1) Appearance adalah untuk mengatur kulit ( skin ) tampilan dan mengaturnya sesuai keinginan kita.
2) Windows and Buttons adalah tampilan pilihan skin windows.
3) Color Scheme adalah 3 pilihan warna kulit ( skin ).
4) Font Size adalah 3 pilihan ukuran
Keterangan Settings :

1) Settings adalah untuk mengatur kedalam warna dan revolusindari tampilan windows.
2) Screen Resolution adalah pengaturan resolusi dengan cara menggesr tombol kekiri dan kekanan ( semakin tinggi resolusi yang diatur, maka huruf dan font akan berubah ukurannya, batas max untuk monitor 15” adalah 1024 byt 768 pixel, tidak disarankan melebihi batas tersebut ).
3) Color Quality adalah kedalaman earna dapat disseting hingga 32 bit, disarnkan untuk mengambil kedalam warna terkecil karena akan mempengaruhi kinerja computer secara keseluruhan.

CPU

Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
[sunting] Input dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

Microsoft Windows xp

Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.

C:\Documents and Settings\devi>cd..

C:\Documents and Settings>cd..

C:\>md hewan

C:\>cd hewan

C:\hewan>md darat

C:\hewan>cd darat

C:\hewan\darat>md kuda

C:\hewan\darat>md kambing

C:\hewan\darat>cd..

C:\hewan>cd air
The system cannot find the path specified.

C:\hewan>cd air
The system cannot find the path specified.

C:\hewan>md air

C:\hewan>cd air

C:\hewan\air>md ikan

C:\hewan\air>md lumba-lumba

C:\hewan\air>cd..

C:\hewan>tree
Folder PATH listing
Volume serial number is 71FAE346 FC36:A990
C:.
├───air
│ ├───ikan
│ └───lumba-lumba
└───darat
├───kambing
└───kuda

C:\hewan>



Keterangan :
1) move berfungsi untuk memindahkan data tetapi menghapus directory / folder yang asli.
2) Copy berfungsi untuk memindahakan data tanpa menghapus directory / folder yang asli.
3) delete berfungsi untuk menghapus directory / folder.
4) cd berfungsi umtuk menuju ke directory / folder yang di tuju.
5) md berfungsi untuk membuat folder / directory baru.
6) dir berfungsi untuk melihat directory pada folder atasnya.
7) tree berfungsi untuk melihat sub folder / directory yang ada
8) /s berfungsi untuk melakukan eksekusi semua file yang ada di dalamnya
9) rd berfungsi untuk menghapus directory

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Komputer

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN ARSITEKTUR KOMPUTER


1.4.1 Manfaat Arsitektural

Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit):

1. Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Daya tempa. Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka
ia akan lebih baile.
3. Daya kembang. Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi,
ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baile.
4. Kompatibilitas (daya serasi-pasang).

Keterbukaan arsitektur.
Arsitektur dikatakan open (terbuka) bila perancangnya
mempublikasikan spesifikasinya

Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami.
Beberapa

komputer yang berparalel tinggi begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia
hanya menjadi daya tarik bagi para analis untuk menemukancara barn untuk
menggunakannya.

Kualitas implementasi awal.
Ada beberapa komputer yang nampaknya
merupakan mesin yang baik, yang mempunyai software dan sifat operasional
yang baik.

1.4.2 Kinerja Sistem

Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk
mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang
standart, yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan
arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan
benchmark tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya
bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan
berbagai performance metrics (metrik kinerja),

Ada dua jenis ukuran benchmark biasa yang digunakan untuk:

mengukur kecepatan komputer dalam MFLOPS.(Tentu saja,juga ada MFLOPS tertinggi dan
GFLOPS tertinggi, seperti MIPS tertinggi Vectorization (vektorisasi) adalah penggabungan program agar mereka dapat berjalan pada
komputer yang mempunyai instruksi vektor secara efisien. Satu VUP adalah sekitar 0,5 IBM MIPS. Dua benchmark yang lebih barn adalah SPEC Benchmark Suite dan Perfect
Club. Ukuran Kinerja Yang Lain. Ada tiga metrik yang dapat digunakan untuk sistem memori. Memory bandwidth. adalah jumlah megabyte per detik yang dapat dikirimkan oleh memori ke prosesor. Memory access time adalah rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh CPU untuk mengakses memori, yang biasanya dinyatakan dalam nanosecond.Memory size adalah volume data yang dapat diampu (disimpan) oleh memori, biasanya dinyatakan dalam megabyte.

1.4.3 Biaya Sistem

Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya,
yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya.
beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan adalah:

* Reliabilitas(keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan
untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau
kegiatan apa saja yang mempertaruhkankeselarnatan manusia.

* Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai
jumlah komponen yang besar.

Arsitektur Komputer

ISTILAH KUNCI

a) Architectural merit (manfaat arsitektur) Penilaian kualitas arsitektur komputer
yang terutama didasarkan pada daya terapnya untuk pemakai yang dimaksud, daya
tempanya, dan daya kembangnya.

b) Benchmark Program standart yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu
komputer dibandingkan dengan kecepatan komputer lain yang menjalankan program
yang sama.

c) Kompatibilitas Kemampuan berbagai komputer yang berbeda untuk
menjalankan program yang sarna.

d) Multiprosesor Komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor, seperti array
prosesor, prosesor asosiatif, atau komputer multiple-prosesor.
Metrik kinerja Ukuran kecepatan komputer; yang kadang-kadang ini diberi
istilah yang sudah tertentu, misalnya millions of instructions or per second (MIPS)
atau millions of floating-point operations per second (MFLOPS), dan kadang-kadang
istilahnya berkaitan dengan komputer standart, misalnya VAX 11/780.
e) Prosesor pipeline Prosesor yang mencapai paralelisme dengan cara saling
melengkapi operasi dari beberapa instruksi, masing-masing berada dalam tahap
eksekusi yang berbeda.

f) Set Register Set register operasional dari suatu komputer, yang dapat diubah
oleh programmer dengan menggunakan set instruksi komputer tersebut.
Arsitektur komputer adalah desain komputer yang meliputi set instruksi,
komponen hardware, dan organisasi atau susunan sistemnya. Ada dua bagian yang
pokok untuk arsitektur komputer: instruction-set architecture (ISA)/ arsitektur set
instruksi dan hardware-system architecture (HSA)/ arsitektur sistem hardware.

g) ISA meliputi spesifIkasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin akan
berinteraksi dengan komputer. HSA berkaitan
dengan subsistem hardware utama komputer, yang meliputi central processing unit
(CPU)/ unit pemrosesan sentral, sistem penyimpanan, dan input-output (I/O) system/
sistem input-outputnya (yang merupakan interface komputer terhadap dunia
luar). HSA mencakup desain logis dan organisasi arus data dari subsistem, dan oleh
karenanya tingkat HSA yang luas akan menjadikan mesin dapat beroperasi secara
efIsien.

h) Implementasi adalah realisasi komputer dalarn hardware dan mencakup
pilihan teknologi, kecepatan, biaya, dan sebagainya.

i) arsitektur rumpun System/360-nya ini mempunyai jalur komputer yang
lengkap, yang meliputi model 20, 30, 40, 44, 50, 65, dan 91. Digital Equipment
Corporation (DEC), yang merupakan pelopor dalam minikomputer,
mengenalkan rumpun PDP-8 pada tabun 1965, rumpun PDP-ll pada tabun 1970,
dan rumpun VAX-ll pada tabun 1978. CDC memunculkan rumpun CDC 6000
pada awal tabun 1960-an, yang berkembang menjadi seri CYBER 170 pada tabun
1970-an. Umumnya, arsitek merancang upward compatibility (kompabilitas meningkat), yang memungkinkan anggota rumpun yang
berunjuk-kerja tinggi untuk menjalankan program yang sarna seperti yang dijalankan
oleh anggota yang berunjuk-kerja rendah. Lawannya adalah downward compatibility
(kompatibillitas menurun), yang tidak selalu bisa didapatkan, karena anggota
rumpun yang berkinerja tinggi biasanya memiliki fasilitas yang tidak dimiliki oleh
anggota yang berkinerja rendah.



1.2 KLASIFIKASI ARSITEKTUR KOMPUTER

1.2.1 Mesin Von Neumann

Sebagian besar, atau mungkin semua, komputer yang anda kenal adalah von
Neumann machines (mesin von Neumann), Dalam sebagian besar konteks, istilah
computer dan von Neumann machine adalah sinonil. (mesin von Neumann)
jika komputer tersebut memenuhi kriteria berikut:

a) Ia mempunyai tiga subsistem hardware dasar:

1) sebuah CPU
2) sebuah sistem memori utama
3) sebuah sistem I/O

b) Ia merupakan komputer stored-program (program tersimpan). Sistem memori
utama menyimpan program yang mengontrol operasinya, dan komputer dapat
mengubah programnya sendiri untuk menambah atau mengurangi data lain
yang ada di dalam memori.

c) Ia menjalankan instruksi secara berurutan.CPU menjalankan,atau setidaknya
akan menjalankan, satu operasi dalam sekali waktu.

d) Ia mempunyai, atau paling tidak akan mempunyai, satu path antara sistem
memoriutamadan unit kontrolCPU;hal ini biasanyadinamakan"vonNeumann
bottleneck."

Harvard architecture termasuk dalam kelompok mesin yon Neumann Harvard architecture (arsitektur Harvard) memungkinkan CPU untuk mengakses instruksi dan data secara serentak. Komponen utama CPU adalah:

a) Control unit (CU), yang mengontrol operasi komputer.
b) Arithmetic dan logic unit (ALU), yang menjalankan operasi aritmetik, logika,
dan shift untuk menghasilkan sesuatu.
c) Register set, yang menyimpan berbagai macam nilai selama operasi komputer.
Program counter (PC) (kadang-kadang disebut sebagai instruction counter),
yang menyimpan alamat memori utarna dari suatu instruksi. PC adalah bagian
dari register set (set register).

Arsitektur Harvard

Setiap instruksi mempunyai operation code (op code), yaitu kode angka yang
biasanya bisa dijumpai pada field pertama dari instruksi, yang memberitahu komputer
mengenai operasi yang akan dijalankannya.
Program adalah urutan instruksi yang akan dijalankan komputer.

Urutan instruksi yang dijalankan komputer adalah instruction stream. Untuk
menjaga track instruksi dalam memori, mesin von Neumann menggunakanPC. PC
ini "points to" (menyimpanalamat dari) instruksiberikutnyayang akan dijalankan.
terus menerus: instruction fetch dan instruction execution. Urutan ini dinamakan
Untuk meningkatkan kecepatan eksekusi, arsitek biasanya menerapkan arsitektur
von Neumann dengan prosesor pipelined. Arsitek juga menggunakan beberapa unit
aritmetik untuk meningkatkan kecepatan CPU, dan ia menyertakan buffer (memori
berkecepatan tinggi tingkat menengah), agar kecepatan prosesor sesuai dengan
kecepatan memori.

1.2.2 Mesin non-van Neumann

Tidak semua komputer merupakan mesin von Neumann. Flynn, pada tahun
1966, mengklasifIkasikan arsitektur komputer menurut berbagai sifatnya, yang
meliputi jumlah prosesor, jumlah program yang dapat dijalankan, dan struktur
memori. KlasifIkasinyaitu mencakup kategori berikut :

a) Single instructionstream, single data stream (SISD) satu aliran instruksi, satu
aliran data. Arsitektur von Neumann termasuk dalam klasifIkasi ini.
Komputer SISD mempunyai satu CPU yang menjalankan satu instruksi pada
sekali waktu (oleh karenanya disebut aliran instruksi tunggal) dan menjemput
atau menyimpan satu item data pada sekali waktu (oleh karenanya disebut
aliran data tunggal).

b) Single instruction stream, multiple data stream (SIMD satu aliran instruksi,
beberapa aliran data. Array prosesor termasuk dalam kategori ini.
Mesin SIMD mempunyai sebuah CU yang beroperasi seperti mesin yon
Neumann (yaitu, ia menjalankan satu aliran instruksi), CU menghasilkan signal kontrol untuk semua
PE, yang menjalankan operasi yang sama, biasanya pada lockstep, pada item
data yang berbeda (ole.h karenanya disebut aliran data banyak).

c) Multiple instruction stream, single data stream (MISD) beberapa a1iran instruksi,
satu aliran data. Secara logis, mesin dalam kelompok ini akan menjalankan
berbagai program pada item data yang sama. walaupun beberapa sistem MIMD bisa digunakan dengan cara ini.

d) Multiple instruction stream, multiple data stream (MIMD) beberapa aliran
instruksi, beberapa aliran data. Mesin MIMD juga disebut
multiprosesor. Ia mempunyai lebih dari satu prosesor independen, dan setiap
prosesor dapat menjalankan program yang berbeda (oleh karenanya disebut
aliran data banyak) pada datanya sendiri (oleh karenanya disebut aliran data
banyak).

Mesin SIMD dan MIMD adalah parallel processor (prosesor paralel), karena
mereka beroperasi secara paralel pada lebih dari satu data sekali waktu. Arsitektur
multiprosesor dapat dibagi menjadi dua kategori, didasarkan pada susunan sistem
memorinya:

a) Global memory (GM) system architecture! arsitektur sistem memori global.
Satu sistem memoriglobal digunakanbersamaoleh semua prosesor. Arsitektur
komputer berunjuk kerja tinggi pada saat ini adalah dari jenis ini, dan ketiga
arsitektur yang ada pada Gb. 13 ditunjukkan dengan memori global.

b) Local-memory(LM) systemarchitecture! Arsitektur sistem memori lokal. Disini,
satu sistem penyimpanan digunakan untuk setiap prosesor. Multiprosesor dengan
LM mungkin juga mempunyai GM dan juga disebut multiple processor.

2 ( dua ) jenis prosesor paralel (SIMD dan MIMD)

Mesin SIMD

Komputer SIMD mempunyai sifat berikut ini:

a) Mereka mendistribusikanpemrosesan ke sejumlah hardware.
b) Mereka beroperasi secara.bersama-sama pada beberapa elemen data yang
berbeda.
c) Mereka menjalankan komputasi yang sarna pada semua e1emen data.

Oalammesin SIMO,PE mereka mengakses memori dengan cara yang berbeda.
PE-PE dari komputer GM-SIMD secara bersama menggunakan sistem penyimpanan
yang sarna, sedangkan PE-PE dari komputer LM-SIMO mempunyai sistem
penyimpanan independen.

Array prosesor adalah arsitektur SIMO. Ia mempunyai satu CD dan beberapa
PE. CD tersebut menghasilkan signal kontrol untuk semua PE, yang
menjalankan komputasi yang tepat sarna secara serentak
, namun dengan data yang berbeda. Biasanya, CD itu sendirilah yang mempakan komputer yon Neumann, yaitu merupakan komputer khusus yang lengkap yang mempunyai set register,
ALD, dan unit kontrol. Komputer inf
dinamakan sebagai unit kontrol (control unit), karena ia semata-mata dirancang
untuk mengontrol PE dalam array prosesor, dan bukan untuk beroperasi sebagai
komputer yang berdiri sendiri.

Mesin MIMD

Komputer MIMD mempunyai sifat berikut ini:
a) Mereka mendistribusikanpemrosesan ke sejumlah prosesor independen.
b) Mereka membagikansumber,termasukmemoriutama, ke prosesorkomponen.
c) Setiap prosesor beroperasi secara independen dan bersarna-sarna.
Setiap prosesor menjalankan programnya sendiri.
Arsitektur MIMD yang berbeda mempunyai interconnection network yang
berlainan, prosesor yang berbeda, struktur pengalamatan memori yan'g berbeda, dan
struktur sinkronisasi dan kontrol yang berbeda
Kita dapat mengkategorikan komputer multiple-prosesor sebagai tightly coupled
atau loosely coupled, Prosesor dalam multiprosesor yang
terangkai dengan ketat (tightly coupled) biasanya menggunakan secara bersama
satu sistem memori. Prosesor yang ada dalam multiprosesor yang terangkai
dengan longgar (loosely coupled) mungkin juga menggunakan satu sistem memori,
Jadi, komputer yang terangkai dengan
ketat dan YaIJ.gterangkai dengan longgar secara berturut-turut sesuai dengan
klasifIkasi GM-MIMD dan LM-MIMD.

Karena sebagian besar komputer tujuan khusus mencakupprosesor I/O tujuan
khusus independen,maka secara logis kita dapat menganggapnya sebagai arsitektur
GM-MIMD.

Processors with local memory
Category Common Name Examples
SISD (CISC) Uniprocessor ffiM PC, DEC PDP-ll, DEC VAX-II
SISD (RISC) Uniprocessor MIPS R2000, SUN SPARC, ffiM SystemIR6000
GM-SIMD Processor array IILIAC IV, MPP, CM-I
GM-MIMD Multiprocessor All existing tightly coupled (shared-memory)multiprocessors
(DEC and ffiM)
LM-MIMD Multiple processor TandemVI6,IPSCY2

Arsitektur Lain

Dalam mesin yon Neumann, program menentukan arus kontrol. Dalam dataflow
architecture (arsitektur arus data), sebaliknya, keberadaan data menentukan kapan
mesin akan menjalankan operasi. Model komputasi yang diimplementasikan prosesor
arus data, yang disebut dataflow model (model arus data), adalah pada dasamya
paralel, dan arsitek telah merancang mesin arus data untuk mengimplementasikan
model ini secara efisien. beberapa arsitektur tertentu hanya disebut special-purpose
machine (mesin tujuan khusus) karena fungsi khusus yang mereka jalankan.
Umumnya, menggunakan arsitektur konvensional yang telah dioptirnisasi untuk
aplikasi tertentu Yang termasuk dalam kelompok ini adalah
mesin artificial intelligence, mesin bahasa tingkat tinggi, mesin pemrosesan tampilan,
prosesor penampil tiga dimensi, dan komputer yang mempunyai kontrol gabung.

Skema Organisasi

SKEMA ORGANISASI

Skema atau bagan organisasi adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.

Macam-macam Skema Organisasi:

1. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya:
2. Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
3. Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
4. Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
5. Skema Organisasi Lingkaran
6. Skema Organisasi Gambar

Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya:

1. Skema Organisasi Fungsional:
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
2. Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
3. Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
4. Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
5. Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

Macam-Macam Organisasi

MACAM-MACAM ORGANISASI

Berdasarkan proses pembentukanya:

• Organisasi Formal
Organisasi yang dibentuk secara sadar dan dengan tujuan-tujuan tertentu diatur dengan ketentuan-ketentuan formal baik dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, kegiatan atau hubungan yang terjadi adalah hubungan jabatan sebagaimana diatur dalam ketentuan tertulis
• Organisasi Informal
Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadi

Berdasarkan Kaitan Hubungan dengan Pemerintah:

• Organisasi Resmi, Organisasi yang di bentuk dengan pemerintah dan atau harus terdaftar dalam lembaran Negara.
• Organisasi Tidak Resmi, Organisasi yang tidak ada hubunganya dengan pemerintah dan atau tidak terdaftar dalam lembaran Negara


Berdasarkan Skalanya:

a. Organisasi besar
b. Organisasi sedang
c. Organisasi kecil

Berdasarkan tujuannya:

• Organisasi Sosial, Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi
• Organisasi Perusahaan, Organisasi yang didirikan dengan tujuan komersil atau mencari keuntungan

Berdasarkan bagan organisasi:

a. Segitiga Vertikal
b. Segitiga Horosontal
c. Kerucut Vertikal Horisontal
d. Lingkaran
e. Setengah lingkaran
f. Oval

Teori Organisasi

TEORI ORGANISASI

Manusia adalah mahluk social yang cinderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai sautu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.

Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

CIRI-CIRI ORGANISASI:
1. Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
2. Dikembangkan untuk mencapai tujuan
3. Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
4. Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

1. TEORI ORGANISASI KLASIK

Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas

Teori Klasik berkembang dalam 3 Aliran:

• BIROKRASI) Dikembangkan dari Ilmu Sosiologi
• ADMINISTRASI) Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Makro sebuah organisasi.
• MANAJEMEN ILMIAH) Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Mikro sebuah organisasi.
Semua teori diatas dikembangkan sekitar tahun 1900-1950.

2. TEORI NEOKLASIK

Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.

3. TEORI MODERN

Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neokalsi. Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.